Terkadang pada saat kita akan membuat dokumen pengolah angka pada aplikasi spreedsheet seperti Microsoft Excel ada yang menggunakan rumus. Penggunaan rumus akan mempermudah dalam menghitung hasil olahan angka yang kita inginkan.
Penulis saat ini menjelaskan cara mengaktifkan rumus yang tidak berfungsi pada aplikasi Microsoft Excel. Apabila pembaca ada yang menggunakan aplikasi lain, bisa menyesuaikan.
Pada saat menuliskan rumus pada cell yang aktif setelah menekan enter, pastinya sudah menampilkan hasil daripada rumus tersebut. Karena beberapa faktor, rumus tersebut tidak berfungsi secara otomatis. Padahal hanya menggunakan rumus sederhana, misalkan penjumlahan.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, penulis akan mencoba membagikan cara mengaktifkan rumus excel agar secara otomatis berfungsi. Langkahnya adalah sangat mudah.
Langsung saja pergi ke menu Formula pada menu bar aplikasi Microsoft Excel, untuk saat ini penulis menggunakan versi 2013. Lihatlah pada gambar dan yang diberi tanda kotak merah.
Setelah memposisikan aplikasi yang Anda gunakan seperti pada gambar di atas, dilanjutkan dengan mengklik pada kotak berwarna merah tersebut. Pastikan sudah tercentang Automatic seperti pada gambar di bawah ini. Apabila belum, silakan klik Automatic.
Lakukan pengetesan rumus sederhana pada cell tertentu. Jangan lupa gunakan karakter sama dengan ( = ) sebelum menggunakan rumus.
Itulah cara singkat yang penulisannya panjang dari artikel Mengaktifkan rumus excel yang tidak aktif. Semoga bermanfaat. 😀