Akses Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain

Cara Akses Aplikasi Dapodik dan PMP Di Komputer Lain

Cara Akses Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain – Munculnya menu nilai, menu rapor, nilai US dan USBN pada aplikasi dapodik sejak versi tahun 2017 salah satu alasan dalam pengisian data tidak hanya pada operator dapodik saja. Melainkan melibatkan beberapa pihak seperti guru dan kepala sekolah.

Selain itu aplikasi dapodik juga memisahkan antara nama pengguna operator dapodik/admin dari aplikasi dapodik dengan nama pengguna guru. Nama pengguna guru atau GTK memiliki akses yang berbeda. Seluruh identitas GTK pada aplikasi dapodik tidak bisa diperbarui semuanya dengan pengguna admin aplikasi dapodik. Untuk memperbarui identitas GTK atau PTK seperti riwayat pendidikan harus menggunakan masing-masing nama pengguna.

Baca: Cara Membuat Akun GTK di Aplikasi Dapodik

Nah, hal ini perlu dilakukan sharing aplikasi dapodik agar dapat diakses secara bersamaan. Kita bisa sebut dengan komputer server dan komputer client. Untuk membuat akses aplikasi dapodik di komputer lain ada beberapa cara, seperti:

  1. Menggunakan jaringan Peer to peer/Ad hoc
  2. Menggunakan jaringan Wireless
  3. Menggunakan jaringan LAN

Pada komputer server dapodik

Komputer server atau yang akan menjadi pusat aplikasi di mana diinstal harus disiapkan. Misalkan pada penulis menggunakan laptop. Anda juga dapat menggunakan komputer desktop untuk dapat dijadikan sebagai komputer server aplikasi dapodik.

Untuk sepesifikasi laptop yang digunakan penulis adalah menggunakan prosesor AMD A9-9420 RADEON R5 RAM 4GB

Persiapan jaringan komputer

Kali ini penulis menggunakan jaringan wireless dengan menggunakan Acces Point. Pastikan laptop atau komputer server sudah terkoneksi jaringan wireless atau Wi-Fi pada Acces Point yang tersedia.

Cek IP Address laptop atau komputer server yang digunakan. Dalam kondisi ini penulis menggunakan alamat IP dinamis atau dapat berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengecek IP Address dapat menggunakan cara sebagai berikut:

Tekan tombol super + R (tombol super itu logo windows di papan ketik). Lantas akan keluar jendela run program seperti ini, dan ketikkan cmd lalu enter.

Muncullah jendela command prompt atau cmd. Ketikkan ipconfig dan tekan enter lihat hasil informasi perintah tersebut.

Pada gambar di atas terlihat alamat IP laptop yang saya gunakan adalah 192.168.1.14 alamat IP ini secara otomatis akan dihasilkan pada saat terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Pada aplikasi dapodik bila dibuka pada laptop atau komputer yang diinstal menggunakan alamat http://localhost:5774/

Keterangan:

  • localhost: adalah alamat domain name
  • 5774: adalah port lokasi aplikasi dapodik.

Komputer Client

Pada komputer klien untuk dapat mengakses aplikasi dapodik juga harus terkoneksi satu jaringan pada Wi-Fi atau LAN. Setelah benar-benar terkoneksi, buka aplikasi browser seperti Firefox atau Chrome. Selanjutnya buka alamat dapodik pada browser dengan alamat:

IPServer:5774

Apabila benar, pastinya bisa dibuka seperti pada gambar.

Komputer Server: Laptop dan Clint: PC Desktop

Silakan masuk dengan menggunakan nama pengguna GTK atau guru yang bersangkutan sebagai ujicoba. Anda bisa mengakses bersamaan aplikasi dapodik di komputer lain juga. Yang terpenting adalah terkoneksi dalam satu jaringan.

Cara ini juga dapat digunakan untuk aplikasi PMP dengan hanya mengganti portnya saja:

dapodik: 5774

pmp: 1745

Itulah cara akses aplikasi dapodik di komputer lain, semoga bermanfaat. 😀