Kisi-Kisi SBdP Ujian Sekolah Praktik Kelas 6

Kisi-kisi Ujian Sekolah Praktik untuk kelas 6 mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya membahas beberapa aspek kesenian. Seperti seni musik, seni rupa, seni tari dan keterampilan.

Pada ujian praktik untuk aspek seperti seni musik ditujukan siswa dapat mengapresiasi karya seni musik, mengidentifikasi perbedaan dinamika. Siswa dapat menyanyikan lagu tersebut dengan dinamika yang tepat/benar. Selain itu siswa juga dapat mengekspresikan diri melalui karya seni musik, mengadakan pementasan perpaduan musik, tari, dan bahasa.

Sementara aspek seni rupa, peserta didik dituntut untuk dapat mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb. Nantikan pada saat ujian sekolah praktik telah disediakan kertas dan alat mewarnai.

Selain melalui benda alam seperti buah-buahan, siswa juga dapat menggambar ilustrasi benda alam yang ada di sekitar lingkungan sekolah melalui gambar dekoratif.

Untuk aspek seni tari sendiri siswa dapat mengapresiasikan karya seni tari seperti gerak, busana dan perlengkapan tari nusantara daerah lain. Memperagakan tari nusantara daerah lain tanpa iringan. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. Menyiapkan peragaan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok.

Dalam menjalani ujian sekolah praktik yang diselenggarakan masing-masing sekolah tentunya berbeda-beda. Tulisan ini hanyalah contoh dan bukan sebagai acuan unutk kisi-kisi ujian sekolah praktik tingkat kelas 6.

Sementara itu untuk lebih mudah dalam membaca kisi-kisi ujian sekolah praktik kelas 6 mata pelajaran SBdP, kami sajikan dengan bentuk file pdf yang dapat diunduh secara gratis. Semoga bermanfaat.