Peserta didik sedang melaksanakan simulasi asesmen nasional 2021

Hasil Simulasi Asesmen Nasional Tahun 2021

Asesmen Nasional atau disingkat dengan AN tahun 2021 ini telah berlangsung simulasi yang dilaksanakan selama dua hari. Simulasi AN dilaksanakan oleh sekolah mandiri dan mandiri ditumpangi. Namun untuk jenjang sekolah dasar dapat dibagi sesuai dengan kesepakatan dari sekolah yang menumpang dengan sekolah yang ditumpangi.

Hasil simulasi asesmen nasional tahun 2021 dapat penulis laksanakan pada satuan pendidikan di lingkungan penulis antara lain dapat direkap melalui tulisan ini.

Disklaimer: Hasil asesmen nasional ini tidak bisa menjadi acuan oleh satuan pendidikan lain. Melainkan hanya kesimpulan dari kegiatan simulasi asesmen nasional yang dilaksanakan oleh kami.

Pelaksanaan hari pertama Senin, 18 Oktober 2021

  1. Waktu pelaksanaan pukul 07.30. Peserta didik melalukan login dengan menggunakan akun dummy yang diberikan oleh proktor. Selama proses login dan memasukkan akun peserta didik mengalami kesulitan dalam mengetik nama akun dan password. Penyebabnya adalah belum terbiasanya peserta didik dengan alat yang digunakan. Alat tersebut yang digunakan adalah chrome book.
  2. Sampai dengan pukul 09.20 waktu pelaksanaan masih terhitung lancar. Tetapi pada pukul 09.30 sampai dengan pukul 12.00 pelaksanaan simulasi mulai terkendala oleh server jaringan ANBK dari pusat. Seperti terlihat loading yang lama, tidak bisa masuk kembali dan perlu reset akun jika loading lama dan server tidak merespon.
  3. Beberapa akun dapat menyelesaikan simulasi dengan baik namun juga ada beberapa akun yang tidak bisa masuk kembali. Sehingga peserta didik tidak selesai dalam simulasi asesmen nasional tahun 2021.
  4. Kelistrikan dalam pelaksanaan aman.
  5. Internet juga aman.

Pelaksanaan hari kedua, Selasa, 19 Oktober 2021

  1. Mulai pukul 07.30 seperti biasa peserta didik dengan lancar melakukan login pada exambrowser clien. Berbeda dengan hari pertama, peserta didik terlihat lancar dalam pengoperasian chrome book yang digunakan. Hal ini terlihat dengan jelas oleh penulis bahwa peserta didik dengan mudahnya mengetikkan akun login dan mengoperasikan chrome book, serta dengan lihai memilih dan menjawab pertanyaan yang keluar dari laman excambrowser.
  2. Seperti biasa pada pukul 09.45 terjadi lonjakan arus pada server pusat. Sehingga proses pelaksanaan simulasi AN terkendala tidak tampilnya laman excambroswe dikarenakan server pusat tidak merespon.
  3. Beberapa akun telah berhasil menyelesaikan simulasi asesmen nasional tahun 2021 sampai pada pukul 12.30. Walaun terkendala bolak-balik login dan reset akun serta me-refresh token yang keluar. Token yang keluar karena beberapa kali tidak dapat merespon oleh akun peserta didik, jadi harus diganti secara berkala. Kemungkinan karena lonjakan arus proses data pada server pusat.

Kesimpulan pada Hasil Simulasi Asesmen Nasional Tahun 2021 antara lain bahwa pelaksanaan pagi hari cukup lancar untuk satuan pendidikan yang penulisa laksanakan. Tetapi pada siang hari sekitar pukul 09.00 sudah mengalami kendala hingga pukul 12.00. Peserta didik yang awalnya tidak bisa mengoperasikan chrome book pada hari pertama, hari kedua telah menunjukkan kelancaran dalam proses pengoperasian chrome book.

Satuan pendidikan yang melaksakaan asesmen nasional 2021 yang mandiri dan mandiri ditumpangi yang melaksanakan secara online sering terkendala pada server pusat. Selebihnya tidak ada kendala jaringan internet dan listrik pada satuan pendidikan yang penulis lakukan.