Mengatur Formulir Pendaftaran pada Google Forms

Setelah selesai membuat formulir pendaftaran pada Google Forms seperti pada artikel sebelumnya dengan judul Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Forms, langkah selanjutnya adalah mengaturnya. Pengaturan ini ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan. Bisa disimak pada artikel ini.

Ada tiga pengaturan yang disajikan pada menu pengaturan formulir. Antara lain adalah pengaturan secara umum, presentasi dan pengaturan kuis.

Pengaturan umum

Pengaturan secara umum dilakukan pada tab menu ini. Simak gambar berikut!

Anda dapat memilih beberapa pengaturan yang akan digunakan pada formulis yang akan dibagikan. Misalkan:

  1. Collect email addresses, fitur ini untuk mengoleksi alamat email yang mengisi formulir pendaftaran. Biasanya sering digunakan untuk pemberitahuan ke responden dari si pembuat formulir.
  2. Limit 1 response, fitur ini sering dipakai untuk keperluan agar satu alamat email atau satu pengguna mengisi hanya satu kali.
  3. Edit after submit, pengaturan ini adalah untuk dapat mengedit apabila sudah mengisi formulir. Jarang sekali fitur ini diaktifkan untuk keperluan tertentu.
  4. See summary charts and text responses, fitur untuk melihat tanggapan secara ringkas.
  5. Maximum size of all files uploaded, pengaturan untuk maksimal upload apabila ada pertanyaan untuk mengunggah berkas seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Pengaturan Presentasi

Pengaturan ini untuk tampilan presentasi formulirnya saja. Apabila tidak diperlukan bisa tidak digunakan.

Show progress bar, adalah untuk menampilkan proses pengerjaan formulir.

Shuffle question order, adalah untuk mengacak pertanyaan formulir yang akan dibuat. Fitur ini sering dipakai pada saat memilih fitur kuis pada tab menu berikutnya. Selain itu ini sangat berperan ketika akan membuat soal ulangan secara daring.

Show link to submit another response, adalah untuk menampilkan alamat link pengiriman untuk respondesn lainnya.

Pengaturan Kuis ( Quizzes )

Pengaturan kuis pada formulir ini digunakan untuk mengoleksi nilai pertanyaan pada formulir. Biasa digunakan untuk pembuatan soal secara daring. Fitur ini sangat mudah karena dapat memilih kunci jawab secara langsung pada pertanyaan jawabannya dan juga memberikan nilainya.

Untuk pembuatan formulir pendaftaran tidak perlu mencentang make this a quiz. Gambar ini hanya untuk sedikit penjelasan saja.

Make this a quiz, pilihan untuk membuat formulir menjadi kuis

Immediately after each submission, adalah pilihan untuk menampilkan nilai hasil pengerjaan kuis ketika pelajar selesai mengisi dan mengirimkannya.

Later, after manual review – Turns on email collection, ilihan untuk menampilkan nilai hasil pengerjaan kuis ketika pelajar selesai mengisi secara manual melalui alamat email.

Pengirim juga dapat melihat nilai serta jawaban yang benar maupun yang salah. Fitur ini dapat dicentang maupun tidak untuk kepentingan tertentu. Apabila siswa agar tidak tahu jawaban yang benar dan jawaban yang salah, maka kita uncheck pada Missed questions dan Correct answers.

Missed questions, pengirim dapat melihat jawaban yang salah ketika telah mengirimkan jawabn kuis tersebut.

Correct answers, pengirim dapat melihat jawaban yang benar ketika telah mengirimkan jawabn kuis tersebut.

Point values, pengirim dapat melihat nilai jawaban dari kuis yang dikerjakan.

Setelah mengatur formulir tersebut sudah benar. Jangan lupa untuk klik save atau simpan.

Selanjutnya, Mengatur Tampilan dan Membagikan Formulir pada Google Forms

2 comments