Hari itu tepatnya kamis, tanggal 26/9/2019 beranjak dari meja kerja untuk perjalanan ke XL Center dan Gerai Indosat. Karena sekaligus perjalanan untuk belanja peralatan konputer jadinya di satu tempar saja ke wilayaha Purwokerto.
Lokasi pertama yang dituju adalah XL Center. Tempatnya tepat berada di depan UNSOED Purwokerto bisa lihat di google maps.
Seperti biasanya saya dibukakan pintu bak tamu kehormatan oleh recepsionis atau keamanan di sana. Sebutsaja si M.
M: Bisa dibantu keperluannya, mas?
Saya: Ya, mau ganti cip perdana, mas.
M: Oke, nomer yang akan diganti, mas.
Langsung saya menyebutkan nomer yang akan diganti.
Kebetulan nomer yang akan diganti adalah dua nomer, tetapi bisa langsung sekalian dalam satu antrian di customer service-nya.
Akhirnya saya dipanggil juga nomer antriannya. Langsung saja saya beranjak langsung ke kursi panas di depan mba-mba cantik itu. Langsung mba-mba itu bertanya nama dan keperluannya.
Singkat cerita saya ditanya untuk menyebutkan 3 sampai 5 nomer yang sering atau pernah dihubungi. Dan lama-lama ia mengecek beberapa log atau riwayat dari kartu perdana yang saya pakai.
Berbagai pertanyaan juga dilontarkan kepada saya, dari pernah diisi pulsa dengan nominal berapa saja terakhir kali. Apakah sering untuk sms/telpon, apa untuk internetan. Hp apa yang dipakai untuk nomer tersebut. Nah untuk ganti cip perdana ada biayanya satu perdana yakni Rp.10.000,- jadi saya bayar Rp.20.000,-untuk dua nomer saya, XL dan Axis.
Dua nomer yang saya ajukan yaitu XL dan Axis pertanyaannya sama seperti di atas. Nomer XL ini memang sudah lama sekali belum pernah tergantikan sejak masa SMA kurang lebih tahun 2009. Untuk Axis sendiri sekitat tahun 2013 kalau tidak salah.
Setelah urusan beres di XL Center, langsung saya pindah lokasi ke Gerai Indosat. Lokasinya bisa dicari di google map.
Nah, berbeda dengan pelayanan yang ada di Gerai Indosat, terlihat sepi customer jadinya saya cepat dalam mengajukan ganti cip, mungkin karena pas waktu makan siang kali.
Seperti biasa ditanya mau ngapain dan saya mengisi formulir penggantian. Sambil bincang-bincang yang OOT dari keperluan saya.
Berbeda dari Gerai Indosat, dia tidak menanyakan beberapa nomer yang pernah dihubungi, padahal saya sudah menyiapkan wkwkwkw. 😀 Padahal juga ada di formulir tertulia untuk menyebutkan beberapa nomer yang pernah dihubungi. Tapi saya ngga ngisi wkwkwkw.
Singkat cerita, proses selesai dan nomer udah saya aktifkan kembali di hp cliring saya. Saya juga mencoba menanyakan apakah ada biaya penggantian cipnya.
Dia menjawab, ngga ada mas. Gratis.