Penulisan buku, makalah, proposal, hingga karya ilmiah pasti membutuhkan lembar daftar isi. Daftar isi ini berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi dalam buku tersebut. Informasi yang hanya dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan dengan melihat daftar isi.
Konsep daftar isi hanya menampilkan bagian umum dari isi tajuk bacaan yang ada pada artikel. Contoh pada penulisan daftar isi termuat seperti berikut ini.
Pada gambar di atas apabila orang awam akan membuat daftar isi dengan mengetikkan titik-titik dan huruf atau angka halaman. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Sudah sangat tepat telah membaca artikel ini. Anda akan belajar bagaimana membuat daftar isi dengan cepat dan otomatis.
Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis
Gunakan pengaturan heading
Anda dapat menggunakan heading pada saat menulis. Pengaturan heading ada pada menu Home, dan lihat sebelah kanan. Untuk lebih jelas Anda dapat melihat gambar ini.
Urutan penggunaan heading dari heading 1, heading 2, heading 3, heading 4 dan seterusnya.
Mengatur huruf dan paragraf pada heading
Agar dapat sesuai dengan format penulisan dari jenis huruf, spasi, ukuran huruf, perataan teks, maka perlu diatur pada format teks. Untuk kasus ini adalah pada heading, maka Anda fokuskan pengaturan headingnya dengan cara sebagai berikut:
Klik kanan pada heading 1 (misalkan) dan pilih modify. Lihat gambar ini.
Setelah itu, akan tampil jendela pengaturan huruf seperti pada gambar ini.
Penjelasan pada gambar di atas adalah.
- Mengganti jenis teks misalkan Times New Romans, maka klik pada Formatting, pada tulisan Calibri atau jenisnya, pilih jenis teks yang dipilih.
- Untuk ukuran teks, dapat dipilih dengan 12. (icon sampingnya)
- Warna teks pada pilih warna hitam
- Perataan teks pilih rata tengah atau center.
- Pengaturan spasi pada tombol Format yang ada di bawah kiri (lihat gambar).
Setelah pengaturan selesai, klik OK.
Setiap kali membuat judul bab atau sub bab dan sub sub bab gunakanlah heading. Karena nantinya akan terindeks secara otomatis pada pembuatan daftar isi.
Membuat Daftar Isi
Cara terakhir adalah proses pembuatan daftar isi secara otomatis. Klik menu References dan pilih Table of Contents. Pilih salah satu jenis table yang diinginkan.
Itulah Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis, semoga bermanfaat.