Cara koneksikan data dapodik ke erapotSP

Cara Koneksi eRapotSD Kurikulum Merdeka ke Dapodik

Penggunaan aplikasi erapotSP Kurikulum Merdeka berbeda dengan eRapotSD yang Kurikulum 2013. Ada pembuatan token web service terlebih dahulu sebelum mengoneksikan atau tarik data dari dapodik lokal. Perlakuan ini sebagai koneksi database ke dapodik. Nah, ikuti petunjuknya pada artikel ini secara lengkap.

Pada aplikasi dapodik

Buka aplikasi dapodiknya, pergi ke menu pengaturan dan pilih web service. Lihat gambar.

Tampilan menu web service

Muncul jendela pengaturan token seperti pada gambar di bawah ini.

tampilan token webservice dapodik

Selanjutnya klik menu tambah, dan isikan nama aplikasinya lalu klik simpan. Salin token key yang muncul dan tempelkan pada aplikasi erapotSP Kurikulum Merdeka.

Baca juga: Tips Sebelum Menggunakan eRapotSP Kurikulum Merdeka

Pada aplikasi erapotSP Kurikulum Merdeka

Buka aplikasi erapotSP Kurikulum merdeka. Masuk pada menu web service dapodik. Klik edit dan masukkan token key tadi dan isikan identitasnya pada key web service dan NPSN sekolah sesuai dengan yang ditampilkan. Sementara untuk kolom yaitu alamat IP server rapor SP dan alamat IP server dapodik biarkan saja. Klik simpan perubahan. Anda bisa tes koneksi jika diperlukan.

tampilan edit web service dapodik di erapotSP kurikulum merdeka

Tahap akhir adalah klik menu tarik data dari dapodik. Klik semua tombol yang berwarna hijau secara berurutan. Begitu pula jika ada perubahan data dapodik, ulangi tarik data dari updata data master terus ke bawah secara berurutan.

Tinggalkan Balasan