Cara Customize Table pada Microsoft Word

Penuli keseharianya sering menggunakan tabel dalam pemaparan dan pengolahan data. Adanya tabel akan mempermudah dalam identifikasi sebuah data. Dalam membuat tabel, penulis sering mengalami adanya variasi tabel. Berbagai bentuk dan customize tabel sering muncul, seperti gabungan dua kolom/baris, pewarnaan cell, dan sebagainya.

Sangat tepat sekali Anda menemukan artikel ini sebagai bahan referensi. Tulisan ini akan membahasa Cara Customize Table pada Microsoft Word. Anda dapat menggunakan aplikasi yang sejenis untuk mengolah tabel pada word. Cara ini sama saja, hanya penempatan alat/menu yang sedikit berbeda.

Penulis ingin menjelaskan pengertian yang ada pada tabel.

  1. Kolom, merupakan bagian tabel yang kearah bawah atau horizontal.
  2. Baris, merupakan bagian tebal yang ke samping atau vertikal.
  3. Cells, merupakan titik temu antara baris dan kolom.

Cara Customize Table pada Microsoft Word

Merge Cells

Fungsi merge cells adalah untuk menggabungkan dua kolom atau dua baris menjadi satu cell. Lihat contoh tabel di bawah ini!

Gambar 1 sebelum merge cells
Gambar 2 setelah dilakukan merge cells

Tampak pada gambar secara jelas perbedaannya. Bandingkan gambar 1 dan gambar 2. Perbedaannya sangat jelas, Anda dapat mengubah tabel seperti pada gambar 2 dengan menggunakan merge cells.

Cara Merge Cells

Seleksi atau blok beberapa kolom, secara otomatis menu Layout akan terlihat pada menu bar sebelah kanan menu View. Klik menu Layout, dan pilih Merge Cells. Lihat gambar ini!

Rata Teks pada Tabel

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Blok teks,
  2. Klik menu Layout,
  3. Pilih jenis align seperti:
    • top left, top center, top right
    • center left, center, center right
    • bottom left, bottom center, bottom right

Cara Distribute Kolom dan Baris

Fungsi ini merupakan cara cepat untuk menyesuaikan ukuran seluruh kolom dan baris pada tabel pada salah satu ukuran yang sesuai pada kolom maupun baris. Bisa dibilang mengikuti yang terlebar atau membagi sesuai dengan ukuran tabel.

Buatlah tabel seperti pada gambar di atas. Tempatkan kursor pada salah satu baris dan kolom yang ada pada tabel. Klik menu Layout > Distribute, dan pilih:

  1. Distribute row, untuk menyesuaikan ukuran baris secara cepat dan sama.
  2. Distribute coloumn, untuk menyesuaikan ukuran kolom secara cepat dan sama.

Konversi teks ke tabel

Anda dapat mengubah kumpulan teks menjadi isi dalam tabel. Perhatikan teks di bawah ini!

No.       Nama Siswa    Kelas    Alamat

1.         nama siswa     1          jalan

  1. Blok seluruh teks,
  2. klik menu Insert > Table > Convert text to table
  3. muncul jendela pengaturan seperti ini.

Penjelasan:

  1. Table size, biarkansaja secara default,
  2. AutoFit behavior,
    1. Fixed column with untuk disesuaikan secara otomatis dengan lebar lembar kertas,
    1. AutoFit to contents, untuk disesuaikan dengan panjang karakter,
    1. AutoFit to window, untuk disesuaikan dengan lebar lembar kertas

Demikian sebagian Cara Customize Table pada Microsoft Word yang dapat penulis sampaikan. Cara-cara lain yang serupa dapat Anda lihat pada blog saya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan